Berita Islam

Puasa Ramadhan 1440h tahun 2019

Ramadhan 2019

Bulan ramadhan 2019 (ramadahan 1440H) jatuh pada hari Senin, 6 mei 2019 dan berakhir pada hari Selasa, 4 juni 2019 dan hari raya idul Fitri 2019 akan tiba pada hari Rabu, 5 juni 2019 (penghitungan tanggal berdasarkan hari dan berlaku untuk golongan Islam Muhammadiyyah) untuk islam NU Hari Raya Idul Fitri (Ied) tergantung pada tanggal penampakan bulan Syawal (bulan ke-10 pada kalender islam 1440H) (Hilal) dan penentuan Hari Raya (Hisab dan Rukyat) oleh MUI.

Pada bulan Ramadhan, kita sebagai umat islam tentunya wajib berpuasa. yuk baca lebih lanjut tentang bulan ramadhan dan syarat dan kewajiban berpuasa dibawah..

Mengenal Syarat-Syarat dan Rukun Berpuasa

Pada saat berpuasa ada kewajiban yang harus dijalankan dan ada waktu dimana kamu diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

  1. Syarat Wajib Puasa (dalam hal ini puasa ramadhan)

Syarat wajib berpuasa yakni syarat untuk orang orang yang harus/wajib menunaikan ibadah puasa yaitu:

1. Islam.
2. Berakal Sehat (tidak sedang gangguan jiwa).
3. Sudah Baligh / Dewasa. Tanda baligh adalah: Ihtilam, yaitu keluarnya mani pada saat sadar atau saat mimpi, Tumbuhnya bulu kemaluan atau tanda yang khusus wanita yaitu haidh dan hamil.
4. Mengetahui akan Wajib berpuasa.

    1. Syarat Sahnya berpuasa

    1. Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas. Maksud dari suci haidh dan nifas adalah jika anda belum suci anda diwajibkan untuk Mandi Wajib terlebih dahulu.

    2. Berniat. Niat adalah syarat sahnya berpuasa sebab puasa ialah ibadah sementara ibadah tidaklah sah kecuali dengan niat sebagaimana ibadah yang lain. Dalil dari urusan ini ialah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

    إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

    “Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya.”

    untuk pengetahuan bagi kamu yang sedang baca, niat beribadah bukanlah niat yang dilakukan secara lisan melainkan niat yang dilakukan dengan keikhlasan akan menunaikan ibadah tertentu, termasuk berpuasa. namun dalam berpuasa juga diperlukan niat dalam lisan seperti halnya solat. Niat ini termasuk Syarat Syah Berpuasa, berikut Niat Berpuasa Ramadhan:

    1. Rukun Puasa

    Rukun puasa yaitu menahan diri dari hal hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT,

    وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

    “Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (QS. Al Baqarah: 187). Yang dimaksud dari ayat adalah, terangnya siang dan gelapnya malam dan bukan yang dimaksud benang secara hakiki.

    Dari ‘Adi bin Hatim ketika turun surat Al Baqarah ayat 187, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    إِنَّمَا ذَاكَ بَيَاضُ النَّهَارِ مِنْ سَوَادِ اللَّيْلِ

    “Yang dimaksud adalah terangnya siang dari gelapnya malam” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakannya pada ‘Adi bin Hatim sebab sebelumnya ia memungut dua benang hitam dan putih. Lalu ia menanti kapan munculnya benang putih dari benang hitam, tetapi ternyata tidak kunjung terlihat. Lantas ia menceritakan hal itu pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian ia pun menertawai kelakukan ‘Adi bin Hatim.

    Demikian Artikel tentang Syarat syarat dan rukum dalam berpuasa ramadhan, semoga bermanfaat.

    Sebagai info, artikel ini menjawab tentang; jadwal puasa thn 2019, awal puasa ramadhan 2019.

    menuju link

    Related Articles

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Back to top button
    Close