KesehatanMakanan

Jadwal Makan Terbaik untuk Ibu Hamil

Dengan melakukan diet kehamilan yang sehat maka akan terjaminnya kesehatan bayi dengan sempurna. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan makan akan mempengaruhi beberapa aspek utama didalam perkembangan janin untuk setiap tahap pertumbuhannya. Jumlah protein yang akan didapatkan bayi melalui makanan sangatlah penting. Protein merupakan bahan bangunan utama organisme untuk bisa berkembang, sehingga setiap harinya ibu hamil harus memastikan asupan proteinnya. 

Ditahap awal kehamilan harus seimbangnya nutrisi ibu hamil dan yang harus mengandung vitamin dan nutrisi mikronutrien biasa. Pada tahap trimester pertama, tidak akan berbedanya diet kehamilan dengan jadwal makan rata rata wanita pada umumnya. Meskipun selama kehamilan terjadinya pembentukan semua orang dalam yang penting, tetapi masih sangat kecilnya janin dan jadwal makan yang biasa akan memberikan kalori yang diperlukan. Oleh karena itu ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. 

Sedangkan pada trimester yang kedua kehamilan, akan mulai tumbuh aktifnya janin. Pada tahap trimester kedua ini ibu dan janin akan membutuhkan lebih banyak protein. Pada trimester ketiga kehamilan akan mulai terbentuknya sistem saraf, pertumbuhan rangka, dan juga perkembangan organ didalam yang terus berlanjut. Oleh karena itulah melakukan diet sehat harus dapat mencakup banyak nutrisi mikronutrien dan vitamin. Selain itu juga ditahap ini sangat penting mengkonsumsi banyak kalsium. 

Lalu bagaimana jadwal makan ibu hamil yang benar? 

Pada 3-4 bulan pertama kehamilan, ibu hamil dianjurkan makan 4 kali sehari dan menjaga keseimbangan kalori


Pada saat usia kehamilan memasuki 3 hingga 4 bulan maka dianjurkannya ibu hamil untuk makan 4 kali setiap harinya. Selain itu juga harus bisa menjaga keseimbangan kalori seperti dibawah ini : 

  • 30 % kalori harian yang harus dikonsumsi disetiap sarapan pagi. 
  • 15 % pada saat makan siang.
  • 35 % pada saat makan malam.
  • 20 % supper.

 

Memasuki kehamilan 4-5 bulan Anda harus makan 5-6 kali sehari tapi dalam porsi lebih kecil.

Pada saat usia kehamilan memasuki 4 hingga 5 bulan maka didalam setiap harinya, ibu hamil harus makan sebanyak 5 hingga 6 kali didalam setiap harinya tetapi porsinya harus lebih kecil. Hal ini bertujuan supaya pada saat kenyang, perut ibu tidak akan memberikan tekanan kepada janin. Oleh karena itulah sebaiknya ibu berhenti makan sebelum merasa kenyang. 

Pada saat makan siang harus mengkonsumsi makanan yang dikelola dengan benar. Oleh karena itu pada saat sarapan dan makan siang harus mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, dan telur. Dan pada saat makan malam konsumsilah sayuran dan juga susu. Sangat dianjurkannya ibu hamil untuk makan super yang dilakukan 3 jam sebelum tidur, dan tentunya dengan kalori yang seperti telah disebutkan diatas. 

Pada saat ibu melakukan diet kehamilan yang sehat maka harus didasarkan pada beberapa prinsip seperti dibawah ini : 

  1. Ibu Hamil Harus Sering Makan Tetapi Dalam Porsi Yang Kecil
  2. Sebaiknya ibu hamil hanya makan pada saat benar benar merasa lapar dan bukan pada saat marah ataupun pada saat tidak melakukan hal yang lainnya. Pastikan makanan yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil dan bukan berdasarkan jumlahnya. Ibu hamil lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dikukus, direbus, dan dipanggang. 
  3. Dengan Menghitung Kalori 
  4. Didalam setiap harinya selama trimester pertama, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan setidaknya 2000 kalori. Pada trimester kedua sebanyak 2500 kalori dan pada trimester ketiga sebanyak 3000 kalori. 
  5. Ibu hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi produk asap, bumbu pedas, dan juga makanan panggang selama menjalani masa kehamilan.
  6. Ibu hamil harus membatasi konsumsi garam supaya terhindar dari edema.
  7. Ibu hamil juga harus mengunyah makanan secara seksama. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sistem pencernaan, sehingga nantinya bayi akan mendapatkan lebih banyak nutrisi. 
  8. Menghindari Makanan Cepat Saji Atau Fast Food 
  9. Ibu hamil bisa saja mengkonsumsi makanan cepat saji jika tidak adanya makanan sehat yang tersedia di rumah. Jika diantara dua pilihan yang tersedia hanya ada mengkonsumsi makanan cepat saji dan kelaparan, maka pastinya yang akan dipilih adalah mengkonsumsi makanan saji. Seharusnya ibu hamil tidak akan merasa lapar lebih lama. Tetapi untuk menghindari kondisi yang seperti itu maka sebaiknya pada saat akan keluar rumah membawa beberapa buah segar dan sandwich. 
  10. Pada saat siang hari sebaiknya ibu hamil minum sedikit demi sedikit saja. Hindarilah mengkonsumsi kopi atau soda dan juga memperbanyak minum air dan fresh juice. 

Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan bergizi akan berpengaruh terhadap kesehatan dirinya dan pertumbuhan janinnya. Oleh karena itulah sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui berbagai jenis makanan yang bergizi untuk ibu hamil sehingga akan tetap sehatnya janin yang ada didalam kandungan. 

Pada saat hamil harus tetap dijaganya pola makan dan stamina. 
Makanan yang baik untuk ibu hamil pada dasarnya mengandung gizi tinggi yang sesuai dengan kebutuhan ibu dan janinnya. Meski begitu tidak semua makanan yang bergizi dapat dikonsumsi ibu hamil tanpa ada pantangannya. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa makanan bergizi tinggi tetapi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya seperti telur dan daging mentah. 

menuju link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close