News

Ini Dia Sejarah Peringatan Hari Guru Sedunia

Infomasakini.com – Setiap 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru. Perayaan itu mulai dilakukan pada 1994. Nah, tahukah Anda bagaimana sejarah Hari Guru Sedunia? Simak ulasannya berikut ini:

Dikutip dari situs resmi badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi budaya dan ilmu pengetahuan, UNESCO, Sabtu (5/10/2019), Hari Guru Sedunia merupakan tolok ukur mengenai hak,tanggung jawab guru, serta standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar. Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan UNICEF, UNDP, Organisasi Perburuhan Internasional, dan Pendidikan Internasional.

Hari Guru Sedunia ditetapkan seusai penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia. Isi dokumen itu menjelaskan tentang standar perekrutan, pelatihan, pekerjaan, serta kondisi kerja guru di dunia yang dapat diadvokasi.

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, Hari Guru Sedunia merupakan peringatan tahunan untuk memberikan apresiasi dan penghormatan kepada guru. Terutama memberi tahu kepada khalayak tentang isu-isu terkait dunia pendidikan.

Biasanya, ketika peringatan Hari Guru Sedunia, para orangtua dan murid berbondong-bondong mencari hadiah untuk diberikan kepada guru. Berbagai benda sederhana seperti mug, coklat, buku atau tas biasanya menjadi pilihan.

Peringatan Hari Guru Sedunia biasanya dilakukan dengan memberi hadiah sederhana kepada guru. Perayaan Hari Guru Sedunia juga dapat diperingati dengan memberikan ucapan terima kasih kepada guru.

Meski demikian, peringatan Hari Guru di Indonesia dilakukan setiap 25 November. Perayaan tersebut digelar bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1994.

PGRI lahir berdasarkan Kepres Nomor 78 Tahun 1994. Penetapan Hari Guru Nasional juga ditegaskan lagi lewat UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Baca Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button